Tempat Sampah Organik dan Non Organik

Advertisements

Solusi yang paling tepat supaya sampah tidak berserakan di mana-mana yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya misalnya adalah tong sampah fiberglass. Namun saat membuang sampah pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat kegunaan masing-masing dari tempat sampah tersebut yang berbeda-beda.

Secara umum, di negara Indonesia mempunyai sistem pengolahan sampah yang cukup baik. Hal ini dilakukan dengan cara membedakan tempat sampah berdasarkan dari warnanya. Tujuan dari tempat sampah dengan warna yang berbeda tersebut yaitu berfungsi agar lebih mudah memisahkan antara jenis sampah organik, sampah non-organik, sampah kertas dan sampah B3.

 

Membuang Sampah yang Tepat Berdasarkan Dari Warna Tong Sampah

Pada biasanya warna tempat sampah yang mudah dijumpai yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Masing-masing dari warna tersebut harus Anda ketahui dengan baik supaya tidak salah saat membuang sampah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya:

 

  • Tong Sampah Warna Hijau

Tong yang berwarna hijau merupakan tempat sampah organik yang dijadikan sebagai bahan pupuk kompos. Contohnya seperti bekas sayuran, daun-daunan maupun yang lainnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya maka tong sampah warna hijau ini bisa mempercepat pembuatan kompos, karena telah dipisahkan dengan anorganik atau sampah B3.

Advertisements

 

  • Tong Sampah Warna Kuning

Tong sampah dengan warna kuning ini khusus untuk sampah non-organik. Contohnya seperti gelas plastik, botol plastik, bekas makanan atau minuman dengan kemasan plastik maupun yang lainnya. Jika Anda membuang sampah plastik di tong warna kuning maka bisa mempermudah pemanfaatannya yang bisa dijadikan sebagai daur ulang pabrik atau kerajinan daur ulang.

 

  • Tong Sampah Warna Merah B3

Disebut sebagai B3 karena sampah tersebut memiliki bahan berbahaya dan beracun. Contohnya seperti pecahan kaca, gelas, beling, obat nyamuk, bekas deterjen atau yang lainnya. Penggunaan dari tong sampah B3 ini bertujuan supaya tidak membahayakan orang lain.

 

  • Tong Sampah Warna Biru

Memang belum banyak orang yang mengetahui bahwa tong sampah warna biru ini secara khusus untuk sampah kertas. Fungsinya supaya lebih mempermudah saat proses daur ulang, terutama untuk kerajinan tangan.

 

Semoga bermanfaat.

Advertisements