sejarah sepak bola

Sejarah Permainan Sepak Bola yang Perlu Kamu Ketahui

Advertisements

Sepak bola adalah permainan yang paling populer di dunia saat ini mengalahkan ribuan olahraga lainnya. Lalu bagaimana awal mula permainan sepak bola ini?

Permainan sepak bola yang kita kenal sekarang adalah permainan yang muncul dan berkembang di Inggris pada pertengahan abad ke-19. Namun ada banyak permainan yang mirip dengan permainan sepak bola yang ada sekarang sehingga muncul dugaan bahwa permainan sepak bola yang berkembang sekarang adalah perkembangan dari permainan yang ada di zaman dahulu.

Permainan bola yang kita paling awal yang bisa dikenali adalah permainan yang melibatkan tim dalam budaya Mesoamerika yang ketika itu bolanya terbuat dari batu. Permainan ini sudah ada sejak 3000 tahun lalu. Sebagian berpendapat bahwa bola melambangkan matahari, sesuatu yang mereka sucikan. Dan kapten tim yang kalah nantinya akan dikorbankan untuk dipersembahkan kepada dewa.

sejarah sepak bola

(credit: https://idrottsforum.org/)

Advertisements

 

Selain itu pada abad ke-3 dan abad ke-2 SM terdapat permainan sepak bola yang dikenal dengan Cuju. Permainan ini berkembang dan menyebar ke Jepang yang kemudian di Jepang menjadi event seremonial.

Di Yunani Kuno telah dikenal permainan yang melibatkan bola. Pada saat itu bola terbuat dari potongan kulit yang diisi dengan rambut.

Romawi Kuno juga mencatatkan permainan bola sebagai hiburan dalam kegiatan militer. Orang-orang Romawi ini kemudian membawa permainan sepak bola ke pulau Inggris. Pada saat itu kemudian orang-orang Inggris mengembangkan permainan sepak bola versi mereka sendiri.

Semua sejarah kuno yang dijelaskan diatas masih belum disepakati dan masih menjadi bahan penelitian dan terus ditelusuri. Namun yang dapat disepakati adalah sepak bola berkembang di Inggris pada abad ke-12. Permainan ini sangat mirip dengan sepak bola seperti pada zaman kita. Permainan ini dimainkan di padang rumput dan di jalanan Inggris.

Permainan pada saat itu menggunakan tendangan dan juga kepalan tangan. Pada masa itu permainan ini sangat kasar dan penuh dengan kekerasan yang melibatkan sangat banyak orang di area tengah kota. Bahkan di Italia permainan ini menyebabkan kerusakan kota dan menyebabkan terjadinya kematian.

Advertisements