Minyak Goreng Baik

Memilih Minyak Goreng Paling Sehat

Advertisements

Bagi Anda yang senang mengkonsumsi gorengan setiap hari harus memperhatikan jenis minyak goreng yang digunakan karena dapat berpengaruh untuk kesehatan. Tidak hanya membeli promo minyak goreng saja, namun juga harus memperhatikan kandungannya. 

Setiap jenis minyak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mulai dari harga, nutrisi, dan lain sebagainya pasti berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kenali minyak goreng sehat agar dapat memperoleh kehidupan yang sehat pula. 

Minyak Goreng Baik

Bagaimana Minyak Goreng Paling Sehat Itu?

Minyak goreng yang sehat harus memenuhi 2 faktor, yaitu titik pembakaran minyak dan kadar lemak jenuh yang sesuai. Tingkat pembakaran minyak adalah suhu yang naik dan kehilangan integritasnya. 

Jika minyak melewati suhu dan berasap, maka minyak dapat melepaskan bahan kimia serta memberikan rasa pahit terhadap makanan. Hal ini dapat menyebabkan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan. 

Adanya kadar lemak jenuh di dalam minyak yaitu USDA Dietary Guidelines for American merekomendasikan untuk membatasi konsumsi minyak jenuh kurang dari 10%. Hal ini dapat dicegah melalui konsumsi minyak dengan kadar lemak jenuh yang sedikit. 

Advertisements

 

Bagaimana Stabilitas Memilih Minyak Goreng Paling Sehat?

Faktor utama untuk menentukan ketahanan minyak terhadap oksidasi adalah tingkat kejenuhan relatif dari asam lemak di dalamnya. Saat memasak dengan api besar, biasanya menggunakan minyak yang tidak mudah tengik atau teroksidasi. 

Biasanya jika mengalami oksidasi, minyak dapat membentuk sebuah radikal bebas dan senyawa berbahaya yang tidak baik dikonsumsi. Adanya faktor dalam menentukan ketahanan minyak terhadap oksidasi adalah tingkat kejenuhan relatif dari asam lemak. 

Lemak jenuh biasanya memiliki ikatan tunggal dalam molekul asam lemak yang terdiri dari berbagai macam jenis. Jika lemak tak jenuh memiliki satu ikatan rangkap, sedangkan lemak tak jenuh ganda memiliki dua ikatan atau lebih. 

Adanya ikatan rangkap ini membentuk sebuah ikatan kimia yang sensitif terhadap panas. Biasanya lemak jenuh maupun tidak jenuh tinggal lebih lama saat dipanaskan. Stabilitas minyak goreng untuk memasak adalah minyak jenuh.

 

Minyak goreng memang menjadi kebutuhan hidup yang digunakan sehari-hari untuk memasak maupun campuran salad atau roti terbaik. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dapat menggunakan minyak goreng dengan kualifikasi di atas ya!

Advertisements