Manfaat Minyak Angin

Advertisements

Minyak angin mengandung bahan aktif yang dapat diserap melalui kulit dan ke dalam sistem peredaran darah untuk menghilangkan rasa sakit tanpa harus menelannya. Minyak angin adalah obat topikal untuk menghilangkan rasa sakit.  Minyak angin ini sangat bagus untuk orang dengan gejala alergi atau orang yang sensitif terhadap jenis pil tertentu, serta para pasien yang kesulitan menelan.

Minyak angin tersedia dalam berbagai bentuk, tergantung pada apa yang Anda inginkan. Beberapa minyak angin digunakan khusus untuk nyeri otot dan nyeri sementara yang bekerja lebih baik untuk sakit kepala atau kram. Ada minyak angin lain yang dibuat dengan aromaterapi sehingga wanginya juga enak! Anda akan menemukan bahwa ada banyak pilihan saat berbelanja minyak angin.

Apa itu minyak angin dan bagaimana cara kerjanya?

Sebagai obat topikal dapat digunakan dengan cara dioleskan ke permukaan kulit. Ini dapat digunakan untuk sejumlah masalah rasa sakit dan ketidaknyamanan umum seperti kekakuan dan peradangan otot, tekanan saraf, sakit dan nyeri akibat cedera atau operasi, kondisi sendi serta penyakit lainnya.

Minyak angin sangat berguna saat mengobati sakit punggung atau leher akibat ketegangan otot, rasa sakit yang disebabkan oleh herpes zoster atau neuralgia pascaherpes, dan kondisi sendi seperti radang sendi dan asam urat. Beberapa orang menggunakan minyak angin untuk berbagai masalah lain, termasuk tendonitis, carpal tunnel syndrome, sakit kepala migrain, nyeri haid (dismenore), linu panggul dan fibromyalgia.

 

Bagaimana cara menggunakan minyak angin?

Minyak angin tersedia tanpa resep di sebagian besar toko obat. Datang dalam wadah botol kecil yang dapat dioleskan ke daerah yang sakit, biasanya tiga kali sehari selama tidak lebih dari 15 hari setiap kali (kecuali diarahkan oleh dokter Anda). Minyak angin juga sering digunakan untuk dipijat yang bekerja ke area jaringan dalam untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Minyak kemudian harus dibiarkan menyerap selama beberapa menit sebelum berpakaian.

Advertisements

Penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan jenis minyak yang tepat dan tidak mengandung bahan yang membuat Anda alergi atau sensitif, seperti wewangian. Seorang apoteker dapat membantu Anda memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda dan merekomendasikan teknik aplikasi jika perlu.

 

Mengapa memilih minyak angin daripada jenis obat lain?

Minyak angin sangat berguna bagi orang yang tidak bisa menelan pil atau kapsul. Ini memberikan manfaat yang sama seperti obat oral dalam bentuk topikal yang diserap melalui kulit ke dalam tubuh. Minyak angin juga cenderung menyebabkan efek samping namun tidak serius, dibandingkan dengan beberapa jenis obat pereda nyeri lainnya, karena mereka memiliki lebih sedikit bahan dan bekerja secara lokal pada kulit dan jaringan di sekitarnya.

Minyak angin adalah perawatan topikal non-invasif yang memberikan pereda nyeri ke banyak bagian tubuh, sehingga ideal untuk digunakan di berbagai area tubuh. Misalnya, krim obat sering digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan otot pada lutut, pinggul, dan bahu, sedangkan salep dapat dioleskan ke punggung bagian bawah atau leher untuk meredakan nyeri akibat ketegangan otot. Kebanyakan minyak angin tidak dapat digunakan pada area sensitif seperti wajah, dekat mata, telinga dan lubang hidung yang dapat menyebabkan iritasi.

Sebagian besar minyak angin bebas pewangi atau beraroma ringan dan tersedia dalam wadah kecil yang mudah dimasukkan ke dalam dompet atau tas travel.

 

Dimana untuk membeli minyak angin secara lokal atau online?

Minyak angin sudah tersedia tanpa resep di sebagian besar toko obat atau supermarket. Minyak angin juga dapat ditemukan di toko khusus, di mana Anda dapat menemukan versi yang lebih khusus dengan bahan tambahan seperti arnica atau mentol. Salah satu jenis minyak angin yang cukup populer adalah safe care. Anda dapat mencarinya pada setiap toko obat atau apotek.

Safe care adalah obat bebas dan Anda tidak perlu meminta resep dokter untuk membelinya. Harga safe care termasuk murah, seperti juga harga minyak angin lain. Safe care harga mulai dari 10 ribu sampai 30 ribu rupiah tergantung volume dan jenisnya. Anda mungkin perlu meminta bantuan apoteker saat berbelanja secara lokal untuk jenis minyak angin terbaik.

Advertisements