konsumsi

Ciri-ciri dan Tujuan Kegiatan Konsumsi

Advertisements

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konsumsi merupakan tindakan manusia untuk menghabiskan maupun mengurangi kegunaan atau utility dari suatu benda, baik secara langsung maupun tidak langsung pada kepuasan terakhir dari kebutuhannya. 

Oleh, karena itu konsumsi dapat disimpulkan pula sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia baik perorangan maupun kelompok untuk meraih beberapa tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan pokok, memuaskan hasrat hingga untuk memperoleh kesenangan yang dilakukan melalui pembelanjaan barang atau jasa. 

Ciri-ciri Konsumsi 

konsumsi

Advertisements

Setelah mengetahui pengertian konsumsi secara umum, hingga pengertian konsumsi menurut para ahli, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari kegiatan konsumsi tersebut. berikut ciri-ciri konsumsi yang telah penulis rangkum. 

  1. Konsumsi merupakan kegiatan yang dilakukan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan hidup manusia. 
  2. Produk yang dikonsumsi oleh seseorang memiliki nilai manfaat bagi konsumen tersebut.
  3. Produk berupa barang maupun jasa yang digunakan oleh konsumen dapat berkurang atau habis.
  4. Produk yang dikonsumsi oleh konsumen merupakan barang ekonomi yang didapatkan melalui pengorbanan, contohnya membeli. 

Selain ciri-ciri konsumsi, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi berbeda dengan konsumsi itu sendiri. Kegiatan konsumsi merupakan bagian dari anggaran rumah tangga yang digunakan  untuk membiayai pembelian berbagai macam barang atau jasa maupun jenis-jenis kebutuhan lainnya. Kegiatan konsumsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

  1. Kegiatan konsumsi biasa dilakukan secara langsung
  2. Barang konsumsi didapatkan melalui pengorbanan maupun pembelian
  3. Barang maupun jasa yang dibeli oleh konsumen memiliki nilai atau manfaat
  4. Kegiatan konsumsi dilakukan untuk semata-mata memenuhi kebutuhan serta kepuasan
  5. Barang serta jasa yang dibeli dalam kegiatan konsumsi dapat berkurang nilainya. 

Tujuan Konsumsi 

Sesuai dengan penjelasan penulis mengenai pengertian konsumsi, setiap kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, namun ada beberapa tujuan lain dari kegiatan konsumsi ini. Berikut tujuan-tujuan konsumsi yang telah penulis rangkum. 

  1. Untuk memenuhi kebutuhan jasmani serta rohani. Tujuan utama dari melakukan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan jasmani serta rohaninya. Kebutuhan jasmani yang dimaksud, merupakan minum, olahraga, makan dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan rohani yang dimaksud merupakan hiburan, pelengkap ibadah, konten bacaan dan lain sebagainya. 
  2. Sebagai penggunaan nilai guna dari suatu barang secara sekaligus. Tujuan yang kedua merupakan penggunaan barang yang apabila dipakai akan habis secara sekaligus. Contohnya seperti makanan, minuman yang memiliki tanggal kadaluarsa yang cepat dibandingkan dengan barang lain, sehingga perlu dihabiskan secara sekaligus. 
  3. Sebagai penggunaan nilai guna dari suatu barang secara bertahap. Tujuan ketiga merupakan kebalikan dari tujuan kedua. Barang maupun jasa akan berkurang nilainya apabila dipakai secara bertahap.
    Contohnya seperti komputer. Komputer akan berkurang nilainya apabila telah dipakai terlalu lama, karena setiap tahun bahkan bulan akan ada model baru, software baru yang lebih canggih untuk menggantikan komputer lama yang telah lama dipakai.
Advertisements