Cara Membuat Minyak Kelapa VCO dengan Berbagai Metode

Advertisements

Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan tentang cara membuat minyak kelapa vco. Dalam pembuatan minyak kelapa vco terdapat berbagai metode yang bisa digunakan.

Minyak Kelapa VCO

Virgin coconut oil merupakan minyak kelapa murni yang diproses dengan cara alami dari daging kelapa segar. Minyak kelapa murni atau VCO bisa dibuat dengan kopra, atau daging kelapa kering yang dikeluarkan dari cangkang lalu ditekan untuk mengekstrak kandungan minyak alami.

Minyak kelapa murni atau VCO umumnya mempunyai rasa manis dan pedas. Minyak ini juga lebih sehat untuk menggoreng terutama pada saat menggoreng dengan menggunakan deep fryer. Terdapat berbagai metode menghasilkan minyak kelapa murni. 

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO

1. Metode Pemanasan

Pada metode ini menggunakan pemanasan yang terkendali. Caranya adalah krim yang didapat dari santan lalu dimasak dengan wajan dalam suhu sedang 60°C hingga 75°C. Jaga suhu jangan sampai terlalu panas. Aduk pelan-pelan sampai keluar minyak. Bila sudah didapat minyak, lalu matikan apinya. Kemudian pisahkan minyak dari blondo atau ampasnya dengan cara memakai serok. Keunggulan memakai metode ini yakni VCO yang dihasilkan bisa didapat dalam waktu yang cukup singkat dibandingkan dengan metode yang lain. Namun jika anda ingin lebih praktis bisa menggunakan mesin pembuat minyak kelapa.

2. Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan metode fermentasi yakni dimulai dengan menyiapkan krim santan di dalam toples dan setelah itu tambahkan ragi roti sebanyak kurang lebih 1/4 sendok teh. Aduk-aduk campuran tersebut selanjutnya tutup toples. Diamkan selama sekitar 24 jam. Dan hasilnya ialah terbentuk 3 lapisan terdiri dari lapisan atas yakni minyak, lapisan tengah yakni blondo, lapisan bawah yakni air.

Advertisements

3. Metode Pemancingan

Metode pancingan yaitu membuat VCO dengan memakai VCO yang sudah jadi sebelumnya yang berfungsi sebagai pemancing untuk terbentuknya VCO yang baru. Caranya cukup mudah yakni siapkan krim lalu masukkan ke dalam toples setelah itu tambahkan 1 hingga 2 sendok makan VCO lalu aduk sampai merata. Kemudian tutup toples dan tunggu selama 24 jam. Dan hasilnya akan terbentuk 3 lapisan yang terdiri dari lapisan atas yakni minyak, lapisan tengah yakni blondo, lapisan bawah yakni air.

4. Metode Enzim Daun Pepaya

Dalam daun pepaya terkandung enzim papain yang dapat digunakan untuk pembuatan VCO. Caranya sediakan daun pepaya lalu potong kecil-kecil. Kemudian campurkan potongan daun pepaya secukupnya beserta krim santan lalu masukkan ke dalam toples tertutup. Setelah itu tunggu sampai 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan. Lapisan atas yakni berupa minyak, lapisan tengah yakni berupa blondo, dan lapisan bawah yakni berupa air.

5. Metode Enzim Nanas

Dalam buah nanas terkandung enzim bromelain yang bisa digunakan untuk pembuatan VCO. Caranya siapkan buah nanas secukupnya lalu diparut. Parutan nanas tadi dicampur dengan krim santan lalu taruh di dalam toples yang tertutup. Diamkan selama 24 jam sampai menjadi terbentuk 3 lapisan.

6. Metode Asam Cuka

Cara membuat VCO dengan metode asam cuka cukup simpel. Caranya hanya dengan menambahkan asam cuka makanan pada krim santan. Agar mudah perbandingannya yaitu 200 ml krim santan yang dicampur dengan 2 sendok asam cuka. Sesudah dicampur dengan cuka, aduk sampai merata dan diamkan hingga selama 24 jam sampai terbentuk 3 lapisan.

7. Penyaringan

Tahap terakhir yaitu menyaring minyak kelapa murni atau VCO supaya menjadi lebih jernih. Hasil yang diperoleh pada tahapan dalam membuat VCO yang terbentuk 3 lapisan, pertama ambilah lapisan atas yakni minyak dan setelah itu disaring. Penyaringan bisa dengan memakai kertas saring atau kain saring. Jika sudah disaring masukkan di botol tertutup supaya kualitasnya terjaga. Jangan disimpan dalam kulkas dan juga hindari terkena sinar matahari.

 

Itulah artikel yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat minyak kelapa vco. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisements