Cara Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer

Advertisements

Jika Anda membaca artikel ini, mungkin karena Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer. Ini bukan jalan yang mudah untuk diambil, tetapi bisa sangat bermanfaat. Anda akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan banyak proyek dan produk desain yang berbeda yang akan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia! Tetapi sebelum kita masuk ke detail lebih lanjut tentang seperti apa kehidupan sebagai programmer, izinkan saya memberi Anda beberapa saran.

Sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan Anda sejak dini sehingga keterampilan itu dipoles saat Anda mulai melamar pekerjaan. Beberapa orang tidak melakukan ini dan berakhir dengan pengalaman yang tidak mengenakkan. Sepintas, mungkin tampak seperti tidak ada banyak perbedaan antara bahasa pemrograman, tapi jangan anggap enteng, karena belajar bahasa pemrograman adalah hal yang cukup sulit.

Kemampuan Anda dalam pemrograman akan menghasilkan perbedaan kecil yang akan membuat dampak besar pada karir Anda sebagai seorang programmer. Misalnya, beberapa bahasa mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi tertentu, sementara yang lain mungkin mengharuskan Anda mempelajari sintaks dan pola pemrograman baru bahkan sebelum Anda dapat membuat aplikasi sederhana.

Dalam hal keterampilan, pengalaman adalah guru terbaik. Semakin banyak proyek yang Anda ikuti, semakin banyak keterampilan Anda yang akan meningkat. Anda akan mempelajari pola dan sintaks pemrograman baru saat Anda melanjutkan dan mengembangkan perangkat lunak dari bermacam-macam tipe dan bentuk dan juga menggunakan bermacam-macam bahasa pemrograman.

Jika Anda masih tertarik melamar sebagai programmer atau mencari lowongan kerja programmer, pertimbangkan artikel ini sebagai kesempatan untuk melihat pilihan Anda sebelum terjun ke lapangan. Pemrograman bisa menjadi karir yang menggiurkan, tetapi Anda harus siap – jika tidak, Anda mungkin akan kesulitan dalam karir Anda.

Advertisements

 

Lulusan Pendidikan IT vs. Otodidak

Jika Anda sudah terdaftar di perguruan tinggi, Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk menjadi seorang programmer. Jika Anda sudah mengikuti mata pelajaran C++, Anda seharusnya baik-baik saja untuk memulai pekerjaan pemrograman tingkat pemula. Tetapi bahkan jika Anda belum mengikuti mata pelajaran pemrograman apa pun, tidak ada kata terlambat untuk melakukan riset dan menemukan beberapa tutorial C++ yang bagus. Mereka akan membantu Anda memulai sambil memberi Anda kesempatan untuk belajar sebanyak mungkin sebelum melamar pekerjaan.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, saya sarankan untuk lulus dengan gelar associate dalam ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak (jangan khawatir jika sekolah atau perguruan tinggi idaman Anda tidak memiliki jurusan ini – masih banyak perguruan tinggi lain yang mempunyai jurusan ini).

Untuk mendapatkan pekerjaan pemrograman, Anda memerlukan setidaknya setahun pengalaman. Ini berarti bahwa jika Anda lulus kuliah dengan gelar di bidang yang berbeda, seperti bisnis atau pemasaran, dan ingin beralih ke pengembangan perangkat lunak, Anda harus memulai dari nol dan belajar pemrograman selama setahun. Tetapi ada beberapa posisi entry level yang tidak memerlukan gelar, seperti junior software engineer atau junior IT tester. Selama Anda memiliki pengalaman untuk mendukungnya, jalur karier ini layak bagi mereka yang ingin memulai karir bidang IT tanpa harus kuliah.

Jika Anda tidak terdaftar dalam program pendidikan apa pun saat ini tetapi masih ingin menjadi seorang programmer, Anda masih bisa memulainya dengan belajar mandiri. Ada beberapa sumber online yang akan mengajari Anda cara membuat situs web dan aplikasi dari awal. Tetapi jika ini adalah sesuatu yang sangat menarik minat Anda, Anda juga bisa mencoba mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja lepas yang mengerjakan proyek perangkat lunak. Dengan pengorbanan waktu dan usaha, Anda akan dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses.

Terlepas dari upaya terbaik Anda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak cocok untuk berkarir di bidang pemrograman. Jika ini terjadi, cobalah untuk tidak berkecil hati – penting bagi Anda untuk terus mencari sampai Anda menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda!

Advertisements