Cara Kerja Alat Penghemat Listrik dan Harga Alatnya

Ada banyak spekulasi pada masyarakat bagaimana cara kerja alat penghemat listrik dan apakah memang alat itu memang membantu. Padahal alat penghemat listrik bisa menjadi solusi baru bagi anda untuk mengurangi beban tagihan listrik. Sudah banyak berbagai alat penghemat listrik yang bisa anda beli secara online maupun offline.

Harganya pun sangat bervariasi dan tidak sedikit pula alat penghemat listrik dengan harga yang cukup terjangkau. Agar anda tidak ragu lagi, berikut ini akan dijelaskan bagaimana alat penghemat listrik ini bekerja. Kemudian ada beberapa rekomendasi alat penghemat listrik berikut estimasi harganya.

Artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang mungkin masih ragu menggunakan alat penghemat listrik. Atau mungkin ingin mencari alat penghemat listrik yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget.

Cara Kerja Alat Penghemat Listrik

Pada dasarnya cara kerja alat penghemat listrik adalah dengan cara menyeimbangkan kapasitas di dalam kapasitor Bank dan pada alat elektronik. Kemudian menekan penggunaan listrik sampai bisa sesedikit mungkin. Karena itu keefektifan dan batas minimal penghematan listrik oleh setiap alat sangat bergantung pada kapasitor bank.

Sebagai perumpamaan misalnya saja anda memiliki sebuah alat elektronik katakanlah saja sebuah kipas angin. Biasanya kipas angin rumahan memiliki kapasitor 1-3 uF. Pada saat dinyalakan, alat penghemat listrik akan membuat lonjak daya listrik sampai 2x kapasitas. Namun hanya di awalnya saja.

Secara bertahap pemakaian daya ini akan berkurang hingga kipas angin tersebut mengkonsumsi daya seminimal mungkin. Sebagian energi kemudian disimpan oleh alat penghemat listrik, kemudian untuk selanjutnya. Energi itu dimanfaatkan untuk membantu tarikan alat jika alat elektronik dinyalakan kembali.

Harga Alat Penghemat Listrik

Setelah mengetahui bagaimana prinsip kerja alat penghemat listrik. Berikutnya akan dibahas estimasi harga alat penghemat listrik. Ada banyak merk alat penghemat listrik yang dijual di pasaran. Setiap alat memiliki kapasitas dan variasi harga yang sesuai dengan fungsinya. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Zenco 40A – Rp315.000

Lengkap dengan teknologi dari Jepang, Zenco 40 A menjamin penghematan listrik anda hingga 40 persen. Tidak hanya menghemat listrik yang digunakan saja, alat ini juga dapat meningkatkan kapasitas bank peralatan bahkan sistem listrik secara keseluruhan.

Dengan fungsi ganda, alat ini punya cara pakai yang cukup sederhana. Tinggal dicolokkan saja pada steker. Lebih baik jika alat ini dipasang di ruangan yang memang menggunakan banyak alat elektronik.

2. I-SORJ Soft Starter 2A/440W – Rp63.800

Jika anda sedang mencari alat penghemat listrik dengan harga murah namun dapat bekerja efektif. I-SORJ Soft Starter ini bisa menjadi pilihan. Seperti namanya, alat ini memang fokus pada penghematan listrik pada awal tarikan. Saat alat elektronik dinyalakan.

Keistimewaan lain dari alat ini adalah fitur delay timer untuk mengatasi masalah MCB trip. Sehingga sangat aman untuk rumah dengan daya listrik yang relatif kecil. Memiliki beban maksimum hingga 440W. Alat ini terbuat dari bahan yang tidak memicu api.

3. Original Home Electronic Saver – Rp429.000

Alat ini akan menjamin penghematan listrik anda hingga 40 persen. Sangat cocok untuk digunakan untuk rumah yang berdaya besar. Namun untuk menjaga keamananya lebih baik tidak meletakkan alat ini di tempat yang terlalu banyak peralatan elektronik. Posisi yang disarankan adalah dekat dengan MCB.

Itulah cara kerja alat penghemat listrik juga beberapa rekomendasi alat beserta harganya. Sekarang anda bisa merasa lebih yakin lagi untuk menggunakan alat untuk menghemat listrik dan menyelamatkan tagihan listrik rumah anda.