7 Mata Kuliah Menarik yang Ada di Jurusan Psikologi

Setiap jurusan pasti mempunyai mata kuliah yang berbeda-beda. Demikian pula ketika Anda mengambil jurusan Psikologi. Ada beberapa mata kuliah Psikologi yang terbilang menarik untuk dipelajari, antara lain :

1.  Biopsikologi

Dari namanya saja, Anda tentu sudah mengerti, bahwa mata kuliah Psikologi, yang satu ini, berasal dari 2 ilmu yang digabung jadi 1, yaitu ilmu biologi dan Psikologi. Yang artinya mempelajari perilaku manusia, dan juga fungsi mental dari sisi biologi.

Dimana dalam mata kuliah tersebut, Anda akan membiasakan diri, dengan banyak istilah yang berhubungan dengan biologi, psikologi, dan juga kedokteran. Dalam hal ini, Anda juga dituntut untuk memahami, setiap proses secara berurutan dan lengkap. Karena jika tidak, maka Anda tidak akan memahami kehidupan manusia secara lengkap.

2.  Filsafat

Dalam jurusan psikologi bisa dibilang ini adalah basic dasar dari semua ilmu yang ada. Itu sebabnya, hampir semua mata kuliah mempunyai mata kuliah yang satu ini.

Terutama dalam jurusan Psikologi, setidaknya ada 4 mata kuliah yang berkaitan, seperti Pengantar filsafat, Filsafat Manusia, Filsafat ilmu dan Logika, dan juga Filsafat fenomenologi.

Dalam mata kuliah tersebut, Anda akan diminta untuk belajar mengenal berbagai macam pandangan hidup dari para filsuf yang ada, tentang ilmu pengetahuan, serta belajar untuk berpikir secara kritis.

Yang menarik adalah, mata kuliah yang astu ini, juga dapat digunakan dalam kehidupan nyata. Terutama dalam dunia kerja.

3.  Statistika

Apabila Anda beranggapan bahwa kuliah di jurusan Psikologi tidak akan ilmu hitung menghitung, maka Anda salah besar. Hampir semua jurusan, seperti yang ditemukan di goKampus, pasti mempunyai ilmu menghitung. Hanya jenis penjumlahannya saja yang berbeda.  

Jika sebelumnya teknik hitung menghitung akan Anda temukan di mata kuliah matematika. Maka di jurusan Psikologi, Anda akan menemukan mata kuliah statistika. Dimana dalam hal ini, Anda akan belajar tentang statistika dasar. Mulai dari teknik menentukan median, mean, modus, bahkan hingga melakukan uji hipotesis. Yang tentunya menggunakan metode perhitungan statistika.

4.  Psikometri

Berikutnya ada mata kuliah Psikometri, dimana mata kuliah yang satu ini, akan membahas tentang aneka teori pengukuran psikologis. Dalam mata kuliah tersebut, Anda akan mempelajari aneka masalah tentang pengembangan teori dan juga model tes, bahkan pengembangan dasar-dasar evaluasi, dari tes yang dilakukan.

Atau bisa juga diartikan, sebagai mata kuliah yang akan membahas tentang berbagai macam prosedur, langkah dan juga perhitungan statistika, yang lebih rumit. Itu sebabnya, Anda dituntut untuk mempelajari dan mengenal ilmu statistika terlebih dahulu.

Agar Anda tidak salah dalam mengerjakan dan menjalankan prosedur yang seharusnya.

5.  Kode etik psikologi

Seperti diketahui bersama, beberapa profesi mempunyai kode etik tersendiri, misalnya saja dokter, pengacara, dan yang lainnya. Termasuk diantaranya seorang Psikolog. Itu sebabnya, ketika Anda kuliah di jurusan tersebut. Akan ada mata kuliah yang bernama Kode Etik Psikologi.

Tentunya dalam mata kuliah tersebut, Anda harus mengenal dan mempelajari hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang psikolog. Baik yang sudah lulus atau yang belum. Sama halnya dengan dokter, karena hal ini berkaitan erat dengan kerahasiaan identitas pasien, dan kondisi malpraktik.

6.  Alat-alat psikologi

Seperti halnya kedokteran, Anda juga diminta untuk mengenal aneka macam alat tes yang digunakan melakukan serangkaian tes psikologi. Tes yang dilakukan antara lain tes intelegensi, tes proyeksi, dan tes inventori.

Dalam mata kuliah yang dimaksud, Anda akan melihat berbagai macam prosedur, yang harus dijalankan, dan tentu saja Anda harus bersifat profesional. Apabila Anda gagal dalam menjalankan prosedur yang ada, maka Anda dianggap gagal, dan harus mengulang mata kuliah yang dimasud.

7.  Konstruksi Alat Ukur Psikologi / KAUP

Mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi, ini sendiri adalah sebuah mata kuliah yang akan mempelajari tentang alat ukur yang digunakan dalam dunia psikologi, dan kapan harus menggunakannya.

Untuk menggunakannya, tentu saja Anda harus memperhatikan aneka prosedur yang sudah diberikan sebelumnya. Mulai dari jenis-jenis alat ukur dan apa yang sebaiknya diukur, menggunakan alat tersebut. tidak lupa akan ada respon yang diberikan untuk alat ukur tersebut.

Aneka mata kuliah Psikologi tersebut, tentunya harus diperhatikan dengan baik. Mengingat, mata kuliah yang dimaksud, akan sangat membantu karir Anda, terutama ketika ingin menjadi seorang Psikolog klinis.