5 Makanan Termahal di Indonesia dengan Harga yang Sangat Tinggi

Advertisements

Harga memang menjadi perihal penting ketika hendak berburu di dunia kuliner. Tak jarang, penikmat kuliner bertanya mengenai harga sajian kuliner agar sesuai dengan kantong mereka. Nah, berbincang tentang harga sajian kuliner, ada beberapa makanan paling mahal di Indonesia yang disajikan dengan harga fantastis.

Barangkali, harganya yang begitu mahal akan membuat kamu berpikir dua kali untuk menyantap sajian kuliner tersebut. Nah, apa saja makanan paling mahal di Indonesia tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

1. Ayam Cemani 

Salah satu makanan termahal di Indonesia adalah ayam cemani. Apakah kamu pernah mendengar tentang jenis ayam yang satu ini? Bisa dikatakan jika ayam cemani termasuk ayam yang cukup susah ditemukan di Indonesia serta jenisnya berbeda daripada kebanyakan ayam yang dikonsumsi secara umum.

Jika ayam pada umumnya memiliki warna cenderung terang, maka ayam cemani memiliki warna yang sebaliknya. Kulit dan dagingnya berwarna hitam pekat secara natural. Oleh karenanya, banyak masyarakat yang berpendapat ayam tersebut sering dijadikan syarat untuk ritual-ritual.

Nah, meskipun demikian, daging ayam cemani tetap bisa dikonsumsi. Hanya saja, harganya sangat mahal dibandingkan ayam jenis lainnya. Satu ekor ayam cemani bisa dijual dengan harga sekitar 5 jutaan!

2. Sarang Burung Walet

Jika ada sarang burung yang bisa dimakan, maka sarang burung tersebut berasal dari walet. Ya, sarang burung walet memang cukup terkenal, terutama dalam dunia pengobatan tradisional. Pasalnya, sarang burung ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit.

Selain digunakan untuk pengobatan, sarang burung walet juga bisa menjadi sajian yang lezat. Salah satu menu yang dibuat dengan bahan ini adalah sup sarang burung walet. Sup ini memiliki rasa yang nikmat sekaligus menyegarkan. Hanya saja, harganya sangat mahal. Harga tersebut dikarenakan proses pengambilan sarang burung walet yang sangat susah hingga memiliki risiko kematian.

3. Hati Angsa

Dibandingkan dengan unggas lainnya, angsa memang cenderung tidak dikonsumsi secara umum. Tidak banyak tempat makan di Indonesia yang menyediakan variasi menu angsa. Namun, di beberapa restoran yang terkenal, sajian angsa adalah salah satu menu mewah, terlebih bagian hatinya.

Advertisements

Ya, hati angsa menjadi sajian kuliner mahal di Indonesia. Selain karena ketersediaan hati angsa yang tidak banyak, proses pembuatan menu ini pun cenderung tidak mudah dan memerlukan teknik khusus. Oleh karenanya, wajar jika harga menu hati angsa di beberapa restoran di Indonesia mencapai nilai jutaan.

4. Kopi Luwak

Selain aneka makanan mahal, Indonesia juga memiliki minuman dengan harga yang cukup fantastis, yaitu kopi luwak. Kamu tentu sudah pernah mendengar tentang kopi yang satu ini, bukan? Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Kopi luwak terkenal karena proses pembuatannya yang unik. Biji kopi yang sudah dipanen nantinya akan dimakan oleh luwak dan kemudian dikeluarkan bersama kotoran. Dari proses ini, terjadi proses fermentasi kopi alami yang menjadikan rasa kopi luwak begitu khas. Nah, harga secangkir kopi luwak rata-rata mencapai ratusan ribu.

5. Lobster Mutiara

Lobster memang termasuk seafood mahal. Hanya saja, lobster mutiara bisa dikatakan sebagai salah satu jenis lobster termahal yang ada di Indonesia. 

Perlu diketahui, lobster yang satu ini memiliki tekstur daging yang cenderung lebih tebal dan lebih lembut sehingga cita rasa daging lobster akan lebih nikmat. Hanya saja, lobster ini cukup susah dicari sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Di pasaran, harga satu ekor lobster mutiara dengan berat sekitar 1,4 kilogram bisa mencapai sekitar 5 jutaan. Cukup mahal, bukan? 

Advertisements