3 Mangga Lokal Ini Tak Kalah dengan Mangga Import

Advertisements

Sebagai negara tropis Indonesia merupakan surga bagi berbagai macam jenis buah. Salah satu tanaman buah tropis yang banyak digemari oleh banyak orang adalah buah mangga. Saat ini mangga memiliki jenis yang beragam dan sangat banyak. Mulai dari mangga import hingga lokal semuanya dapat tumbuh di Indonesia.

Berbicara mengenai buah mangga lokal, tahukah anda jenis mangga lokal yang populer di kalangan masyarakat? Ada beberapa jenis buah mangga yang populer di pasar dan bahkan kualitasnya mampu menyaingi buah mangga import. Bagi anda yang belum tahu, inilah beberapa jenis mangga lokal yang dapat menyaingi mangga import.

1.    Gedong Gincu

Yang pertama adalah mangga lokal yang berasal dari Majalengka Jawa barat, dia adalah mangga gedong gincu. Buah mangga gedong gincu sangat unik, karena memiliki kulit buah dengan warna eksotis. Kulit mangga gedong gincu memiliki 3 warna yang bergradasi, yakni merah, kuning, dan hijau. Banyak orang yang tertarik dengan mangga gedong gincu karena warna buahnya yang unik.

Bukan hanya itu, rasa mangga yang satu ini pun tidak perlu diragukan lagi. Citarasa mangga gedong gincu yaitu manis pas dan tidak ada rasa masam sama sekali. Daging buah mangga gedong gincu memiliki warna kuning cerah lebih dekat orange.

Walaupun memiliki ukuran buah yang kecil, tetapi mangga gedong gincu memiliki ketebalan daging buah yang tidak tipis. Ditambah dengan tekstur buah yang kenyal dan memiliki sedikit serat serta sedikit juicy karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

 

2.    Manalagi

Advertisements

Mangga manalagi merupakan mangga lokal kebanggaan warga Situbondo Jawa Timur. Buah mangga yang memiliki rasa manis bahkan sebelum matang ini sangat digemari oleh banyak orang dan sangat populer di pasar Indonesia. Ada yang bilang jika memakan buah mangga manalagi tidak cukup jika hanya satu dan akan meminta tambah lagi dan lagi. Ini membuktikan jika buah mangga manalagi merupakan buah mangga lokal yang istimewa.

Baca Juga : Tempat Jual bibit Mangga Unggul

Selain rasa buah yang manis, mangga manalagi juga memiliki beberapa keunggulan lain. Pohon mangga manalagi diketahui memiliki sifat yang genjah, karena dapat berbuah dengan cepat. Dalam kurun waktu penanaman 2-3 tahun pohon mangga ini sudah mampu menghasilkan buah. Ditambah lagi tingkat produktivitas pohonnya juga sangat tinggi. Satu tangkai mangga manalagi bisa menghasilkan sebanyak 10 buah, bayangkan ada berapa tangkai yang mampu berbuah dalam satu pohon. Hal tersebut tentu akan membuat anda tertarik menanam buah mangga manalagi.

 

3.    Harum Manis

Mangga harum manis tentu tidak asing di telinga anda. buah mangga yang satu ini memang memiliki karakter seperti namanya. Memiliki citarasa buah yang manis dan juga aroma buah yang harum saat sudah matang.

Tingkat produktivitas pohon mangga harum manis pun sangat tinggi, dimana satu pohon mangga mampu menghasilkan buah sebanyak 50 – 54 kg dalam satu kali panen. Bayangkan jika anda memiliki 10 pohon mangga harum manis, berapa banyak buah mangga yang mampu anda hasilkan.

Daging buah mangga harum manis pun padat, tebal, dan juicy saat dimakan. Kelezatan mangga harum manis ini bisa dengan mudah anda dapatkan di pasar karena sudah banyak orang yang membudidayakan mangga harum manis ini.

 

Demikian ulasan kami tentang jenis mangga lokal yang mampu bersaing dengan jenis mangga import. Tentunya masih ada banyak lagi jenis mangga lokal unggul lain yang tidak kalah dari 3 jenis mangga lokal di atas.

Advertisements