3 Cara Memilih Sepatu Futsal Supaya Enak buat Drible Bola

Advertisements

Sepatu futsal adalah satu elemen terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari olahraga futsal. Ada beberapa perbedaan mendasar antara sepatu futsal outdoor dan indoor. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan sepatu futsal yang nyaman saat digunakan, maka perhatikan beberapa poin sebelum membelinya. Seringkali, hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang sepatu mana yang cocok untuk digunakan.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara memilih sepatu futsal terbaik. Maka simak pembahasan di bawah ini mengenai cara memilih sepatu futsal.

 

Cara memilih sepatu futsal

Berikut ini beberapa kriteria dalam memilih sepatu futsal, diantaranya:

 

1. Pilih sesuai dengan jenis lapangan

Ada dua jenis lapangan yang digunakan untuk bermain futsal yaitu outdoor dan indoor. Untuk penggunaan sepatu futsal juga disarankan berbeda berdasarkan jenis lapangan yang akan digunakan. Untuk bisa memilih sepatu dengan lebih baik, simak penjelasan berikut ini.

  • Pilih sepatu futsal indoor, untuk permainan dalam ruangan

Gunakan sepatu futsal indoor jika kamu bermain futsal pada lapangan yang berada di dalam ruangan yang bagian alasnya berupa lantai. Perbedaan utama sepatu futsal indoor dan outdoor terletak pada solnya. Soal luar sepatu futsal indoor berwarna coklat. putih, atau transparan dan permukaannya datar. 

Sol yang memiliki permukaan rata dan lebar akan memiliki daya cengkeram terhadap permukaan lapangan yang kuat, sehingga tidak mudah tergelincir. Selain itu, kamu juga akan semakin mudah untuk mengontrol bola atau bermanuver dengan mendadak. Sol sepatu biasanya memiliki warna transparan,putih, dan coklat, hal ini bertujuan ketika warna sol luntur tidak mengotori lantai lapangan. Namun kamu juga perlu memastikan lagi karena tiap tempat biasanya memiliki peraturan sendiri mengenai hal tersebut.

  • Pilih sepatu yang cocok pada rumput sintetis di permainan outdoor

Jika kamu bermain futsal di lapangan outdoor, maka pilihlah sepatu yang cocok digunakan pada rumput sintetis. Tekstur permukaan sepatu outdoor ini berbeda dengan sepatu indoor, karena sol sepatu outdoor tentu saja lebih bergerigi. Dengan begitu maka kamu tidak akan tergelincir bahkan pada lapangan yang berumput sekalipun. Sol sepatu outdoor didesain lebih keras supaya lebih stabil dan aman saat digunakan pada lapangan. 

Sepatu outdoor juga tidak terpengaruh dengan peraturan yang ketat yang jelas berbeda dengan sepatu futsal indoor. Meskipun demikian jangan pernah untuk menggunakan sepatu futsal indoor ke lapangan rumput karena akan membuatnya licin saat digunakan dan dapat membahayakan. 

 

2. Pilih kulit asli atau kulit sintetis

Sepatu futsal biasanya terbuat dari berbagai material, dan materialnya memiliki keunggulan masing-masing. Pilihlah material sepatu yang pas yang sesuai dengan gayamu ketika bermain futsal.

  • Sepatu bola kulit asli 

Sepatu futsal yang berbahan dasar dari kulit memanglah sangat sesuai untuk mengontrol bola secara optimal. Maka kamu dapat memilih sepatu yang satu ini karena nyaman saat digunakan dan akan terasa pas pada kaki. Material dari kulit asli juga memiliki berat yang lebih ringan, tipis, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Namun sepatu yang berbahan dasar kulit ini memiliki daya ketahanan yang rendah terhadap air, sehingga harus hati-hati saat menggunakanya. Selain itu sepatu berbahan kulit ini memiliki harga yang lumayan mahal daripada sepatu bola yang terbuat dari bahan lain. Sepatu jenis ini direkomendasikan untuk kamu yang mengedepankan kenyamanan dalam bermain futsal. 

  •  Sepatu bola kulit sintetis 

Memiliki bobot yang ringan sehingga cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula saat bermain futsal. Sepatu ini memiliki ketahanan terhadap air dan juga memiliki durability. Memiliki harga yang terjangkau, namun kelenturan tidak sebaik dari sepatu yang terbuat dari kulit. Sehingga ketika kamu membeli sepatu bola berbahan sintetis pastikan memilih dengan ukuran yang sesuai dengan kaki.

 

3. Pastikan ukuranya tepat dan pas di kaki

Futsal biasanya dilakukan di lapangan yang terbilang kecil apalagi jika dibanding sepak bola biasa sehingga setiap pemain akan banyak melakukan manuver. Jika kamu tidak mengenakan sepatu yang pas di kaki maka kamu dapat mengalami cedera. Oleh karena itu saat kamu membelinya tentukan ukuran yang sesuai dengan kakimu. Namun kamu juga perlu untuk memberikan jarak sekitar 1-1,5 cm antara ujung jari kaki dengan sepatu. 

Pastikan juga bagian tumitnya supaya jangan sampai ada yang longgar atau mudah lepas pada saat digunakan. Selain itu pilihlah sepatu yang fit dengan kaki, tidak terlalu longgar ataupun terlalu ketat. Saat mencoba sepatu gunakan juga kaos kaki sehingga memiliki gambaran yang sesuai jika digunakan dalam bermain futsal. Bila memungkinkan cobalah berjalan beberapa langkah untuk memeriksa kenyamanan dari sepatu tersebut.

 

Agar sepatu futsal koleksi kamu tetap awet dan tidak mudah rusak, kamu juga perlu merawatnya dengan cara yang benar. Namun jika kamu tidak tahu bagaimana cara merawat sepatu futsal dengan tepat, kamu bisa memakai jasa cuci sepatu makassar. Layanan ini akan membuat sepatu kamu selalu bersih dan pastinya tetap awet.